Negara-negara dengan kemampuan membangun industri pembuatan kapal besar termasuk Korea Selatan, Jepang, dan Republik Rakyat Cina. Industri pembuatan kapal di Eropa lebih terpecah dibanding dengan di Asia. Dalam negara-negara Eropa ada lebih banyak perusahaan kecil, dibanding dengan pembuat kapal di Asia yang lebih sedikit namun besar.
Kebanyakan pembuat kapal di Amerika Serikat dimiliki pribadi, dengan yang terbesar adalah Northrop Grumman sebuah kontraktor pertahanan multi-milyar dolar.
Sebuah lokasi galangan kapal besar akan berisi banyak crane, dok kering, slipway, gudang bebas-debu, fasilitas pengecatan dan tempat yang sangat luas untuk fabrikasi kapal-kapal tersebut.
Setelah tidak layak digunakan, kapal tersebut akan melakukan perjalanan terakhir ke galangan penghancuran kapal, seringkali di sebuah pantai di Asia Selatan. Dahulu pemecahan kapal dilaksanakan di dok kering di negara maju, tetapi gaji tinggi dan peraturan lingkungan telah mengakibatkan pergerakan industri ini ke wilayah yang sedang berkembang.
- Devonport Dockyard [1] [2], terletak di kota Plymouth, Inggris di county Devon merupakan pangkalan angkatan laut terbesar di Eropa barat.
- Northrop Grumman Newport News - Amerika Serikat
- Mitsui Engineering & Shipbuilding Co., Ltd. - (Tamano, Jepang)
- Niigata Shipbuilding & Repair, Inc. - (Niigata, Jepang)
- Sasebo Heavy Industries Co., Ltd - (Sasebo, Jepang)
- Uwajima Shipyard - (Uwajima, Jepang)
- Hyundai Heavy Industries Co., Ltd.) - (Korea Selatan)
[sunting] Galangan Kapal di Indonesia
- Landing Craft, Oil Tanker, Tug Boat, Barge of RATSON Shipyard Indonesia Galangan Kapal di Kalimantan
- PT PAL Indonesia – Surabaya
- PT Dok dan Perkapalan Surabaya – Surabaya
- PT Jasa Marina Indah – Jakarta
- PT Inggom Shipyard – Jakarta
- PT Daya Radar Utama – Jakarta
- PT Dok Koja Bahari – Jakarta
- PT IKI – Makassar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar